Monday 22 April 2019

Seberapa pentingnya sih Processor, Memory, dan kawan-kawan?


SOAL :

1. Prosesor menjadi sebuah komponen yg penting .. seberapa penting&seperti apa peranannya? Jelaskan
.
2. Memorypun tdk bisa dianggap sepele dan diabaikan kinerjanya, Bagaimana prospek peranan&kinerja teknologi memory pada masa depan?
.
3. Resource yg ada dlm sebuah sistem komputer begitu rigid&detil mendefinisikan masing" posisi&peranannya, uraikan menurut pendapat saudara resource dalam sistem komputer bekerja!!
.
4. Bagaimana konsep take and give, read and write sistem kerja sistem komputer? Jelaskan



Jawaban :

1. Processor adalah sebuah INTI dari komputer, semua komputasi diolah dan diproses disini. jika tidak ada dia maka sebuah komputer tidak ada gunanya.

2. Peranan memory pada komputer adalah untuk menyimpan data yang akan diproses,

dan teknologi memory yang akan digunakan pada masa depan adalah
Memory Kaca, memory ini berbahan Kaca dan menggunakan 5 Dimensi bukan lagi 2 dimensi seperti memory pada umumnya yang masih menggunakan kode biner. 5 Dimensi jelas membawanya ke tingkat berikutnya, mereka menyimpan informasi mereka menggunakan struktur fisik kecil yang dikenal sebagai Nano Grating yang memantulkan cahaya dalam lima dimensi.

Pada tahun 2013 di UK University of Southampton para peneliti berhasil membuat Glass Disk (Disk Kaca) yang dapat menyimpan data dalam 5 Dimensi, Disk kaca itu menyimpan informasi dengan sangat padat sehingga jika dibandingkan dengan ukuran normal Compact Disk (CD) adalah setara dengan 3000 normal Compact Disk (CD).




3. sebuah resource dalam sistem komputer bekerja dengan di jalankan dengan sistem operasi untuk memngoprasikan suatu aplikasi/softwere dalam komputer yang digunakan oleh pengguna agar memudahkan dalam mengolahnya.


4. Konsep mengambil dan memberikan sebuah konsep yang mana pengguna dan prosesor saling berkerja sama untuk mengeluarkan keluaran dalam bentuk objek yang diminta oleh penggunanya yang dimudahkan dengan suatu sistem operasi agar bahasa pengguna dan prosesor dapan diolah, konsep ini juga dapat disebut sebagai objek wisata, dibuat akan disimpan oleh penyimpanan dapat disebut dengan menulis, setelah objek itu diambil maka suatu saat dapat diambil kembali dari penyimpanan yang disebut membaca.




Seberapa Pentingnya sih Processor?

Seberapa penting dan bagaimana kinerjanya? Mari kenali lebih dekat lagi tentang processor, yaa sebuah komponen kecil namun memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah komputer. Processor ini adalah perangkat keras/Hardware yang merupakan komponen inti dalam kinerja sistem sebuah komputer. Layaknya manusia processor ini adalah otak yang mengatur, mengendalikan, dan mengontrol setiap organ tubuh. Processor merupakan suatu komponen yang dibutuhkan paling utama dalam sebuah perangkat yang tanpa adanya processor, sebuah perangkat tak akan mampu berjalan, begitu juga sebaliknya processor juga membutuhkan komponen lainnya dalam kinerjanya.


Processor umumnya disebut dengan CPU (Central Processor Unit) yaitu suatu chip yang berupa IC (Integreted Circuit) yang terhubung melalui socket pada motherboard. Processor dapat diubah/diupgrade asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Processor ini bekerja dengan kecepatan yang sangat tinggi dalam membagi pekerjaan pemrosesan data kepada seluruh komponen komputer, hal itulah yang menyebabkan processor menjadi cepat panas. Kecepatan sistem operasi processor ini dipicu oleh quardz kristal di dalam processor  yang ketika mengalami sebuah proses elektrik akan mengirimkan gelombang yang di sebut peaks dan clock speed. Frekwensi clock umumnya merupakan kelipatan dari frekuensi sistem yang berarti kelipatan dari frekwensi motherboard. Oleh sebab itulah mengapa fungsi processor sangat penting terhadap performa dari sebuah komputer. Processor memiliki satuan GHz (GigaHertz) dimana ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan processor dalam mengolah data dan informasi. Merk processor yang sudah banyak beredar di pasaran diantaranya adalah Intel, AMD, VIA, Cyrix, IBM, dan IDT.

Jadi secara garis besarnya, processor berfungsi sebagai otak/inti dalam sebuah perangkat untuk memproses data-data yang di terima dari input atau masukan, lalu akan menghasilkan pengeluaran atau output.  Jadi setiap data yang di peroleh akan diproses melalui processor kemudian diolah dan menghasilkan data-data yang diinginkan dari pengguna.

Cara Kerja Processor

Adalah menjalankan sekumpulan intruksi mesin yang memberitahu processor apa saja yang harus dilakukan, berdasarkan instruksi itu, processor melakukan 3 (tiga) hal dasar diantaranya:

– Menggunakan ALU (Arithmetic Logic Unit) yaitu untuk melakukan operasi matematis seperti pengurangan, penambaghan, perkalian dan juga pembagian. Mikro processor modern mengandung floating point unit yang dapat melakukan operasi-operasi yang sangat kompleks pada angka yang cukup besar.

– Lalu memindahkan data dari satu lokasi memori ke lokasi yang lainnya.

– Mengambil keputusan serta melompat ke instruksi lain sesuai keputusan tersebut.

Sederhananya cara kerja prossesor intinya ialah menerima umpan ataupun perintah masuk (inpot) baik dari mouse, keybord atau alat penginput data yang lainnya yang terhubung, lalu kemudian menerjemahkan atau memproses data-data perintah tersebut untuk kemudian mengeluarkan atau meneruskan outputnya ke hardware ataupun software terkait.

Ketika processor bekerja maka tidak bisa terlepas dari komponen/peralatan pendukung lainnya seperti Harddisk dan Memory (RAM). Ketiga bagian tersebut akan terus saling terhubung satu sama lain dalam memproses suatu data. Fungsi Processor diibaratkan seperti otaknya komputer, yang akan memerima data kemudian memprosesnya lalu outputnya dikirim kembali ke memory atau pun harddisk.

Sebenarnya bahasa / kalimat yang dikenali oleh processor hanya angka 0 dan 1. Dua angka itu saja. Disebut juga bahasa mesin / bilangan biner (01011001). Angka 0 diartikan dengan tidak adanya sinyal listrik, dan angka 1 diartikan dengan adanya sinyal listrik.




Pengertian Memory

Pada era sekarang tentu sudah tidak asing lagi dengan salah satu komponen komputer ini. Ya komponen ini mempunyai peranan yang penting dalam sebuah komputer. Komponen ini biasanya kita kenal dengan nama "memori". Sebuah komponen komputer yang mempunyai fungsi sebagai tempat penyimpanan data/informasi secara sementar dan permanen. Tapi tahukah kita apa pengertian dari memori itu sendiri dan apa saja fungsinya.

 Pengertian Memori Secara Umum adalah sistem perangkat yang menyimpan data/informasi  program pada komputer elektronik digital, yang bersifat sementara atau permanent.
Memori biasanya disebut juga dengan istilah : computer storage, computer memory atau memory, merupakan piranti komputer yang digunakan sebagai media penyimpan data dan informasi saat menggunakan komputer. Memory merupakan bagian yang penting dalam komputer modern dan letaknya di dalam CPU (Central Processing Unit). 

Pengertian MemoriUtama : Memori utama merupakan media penyimpanan dalam  bentuk array yang disusun word atau byte, kapasitas daya simpannya bisa jutaan susunan. Setiap word atau byte mempunyai alamat tersendiri. Data yang disimpan pada memori utama ini bersifat volatile, artinya data yang disimpan bersifat sementara dan dipertahankan oleh sumber-sumber listrik, apabila sumber listrik dimatikan maka datanya akan hilang. Sebagian besar komputer memiliki hirarki memori yang terdiri atas tiga level, yaitu: 
  • Physical Register di CPU, berada di level teratas. Informasi yang berada di register dapat diakses dalam satu clock cycle CPU. 
  • Primary Memory (executable memory), berada di level tengah. Contohnya, RAM. Primary Memory diukur dengan satu byte dalam satu waktu, secara relatif dapat diakses dengan cepat, dan bersifat volatile (informasi bisa hilang ketika komputer dimatikan). CPU mengakses memori ini dengan instruksi single load dan store dalam beberapa clock cycle. Secondary Memory, berada di level bawah. Contohnya, disk atau tape. 
  • Secondary Memory diukur sebagai kumpulan dari bytes (block of bytes), waktu aksesnya lambat, dan bersifat non-volatile (informasi tetap tersimpan ketika komputer dimatikan). Memori ini diterapkan di storage device, jadi akses meliputi aksi oleh driver dan device.

Fungsi Memory

  • Memory internal : berfungsi sebagai pengingat. Memory Internal adalah Memory yang dapat diakses secara langsung oleh prosesor. Dalam hal ini yang disimpan di dalam memori utama dapat berupa data atau program.
  • Memory eksternal : adalah memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program. Dengan kata lain memory ini termasuk perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar memori utama. 
Contoh: Hardisk, Flash Disk, dan Floppy Disk. Pada dasarnya konsep dasar memori eksternal adalah Menyimpan data bersifat tetap (non volatile), baik pada saat komputer aktif atau tidak.

Memori eksternal mempunyai dua fungsi utama yaitu sebagai penyimpan permanen untuk membantu fungsi RAM dan yang untuk mendapatkan memori murah yang berkapasitas tinggi bagi penggunaan jangka panjang.

Media Kaca sebagai penyimpanan?

Memory Kaca, memory ini berbahan Kaca dan menggunakan 5 Dimensi bukan lagi 2 dimensi seperti memory pada umumnya yang masih menggunakan kode biner. 5 Dimensi jelas membawanya ke tingkat berikutnya, mereka menyimpan informasi mereka menggunakan struktur fisik kecil yang dikenal sebagai Nano Grating yang memantulkan cahaya dalam lima dimensi.

Pada tahun 2013 di UK University of Southampton para peneliti berhasil membuat Glass Disk (Disk Kaca) yang dapat menyimpan data dalam 5 Dimensi, Disk kaca itu menyimpan informasi dengan sangat padat sehingga jika dibandingkan dengan ukuran normal Compact Disk (CD) adalah setara dengan 3000 normal Compact Disk (CD). Lebih lengkapnya bisa lihat video dibawah ini...


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon

statistika tgs 4 18.01.53.0071